Rabu, 16 November 2016

Tips Membacakan Buku Untuk Si Kecil

Gambar diambil dari sini

When you open a book with your children, you are opening the world for them.

  1. Bacakan buku untuk anak, sesering mungkin. Mommy bisa melakukannya ketika mereka hendak tidur.
  2. Saat Mommy sedang membacakan, mintalah anak untuk menggunakan jari telunjuknya untuk menunjuk kata mana yang sedang dibaca. Bila si anak belum bisa membaca, maka Mommy yang melakukannya.
  3. Berhentilah sejenak dan Mommy bisa bertanya tentang hal-hal yang menyangkut bacaan, seperti: "Apa sih yang sedang terjadi?", "Apa yang kira-kira akan terjadi selanjutnya?", apa yang ditangkap anak jika ada gambar.
  4. Beri anak clue atau tanyakan apakah ada kata-kata yang mereka tidak paham. Pada tahap ini dapat memperkaya kosa katanya.
  5. Mommy dapat membaca buku dengan jenis yang berbeda-beda; fiksi, non fiksi, puisi, dsb.
  6. Mungkin banyak Mommy yang mengeluh, "Anak saya maunya bacaan yang itu-itu aja. Apa nggak masalah?". It's ok, tidak masalah, poin pentingnya adalah membuat anak tertarik pada buku dan menikmati ketika dibacakan oleh Mommy atau Daddynya. Hal itu dapat meningkatkan memorinya, dan bila ia dapat menceritakan kembali maka akan membangun kepercayaan dirinya untuk menyampaikan gagasan.
  7. Biarkan anak-anak melihat cara Mommy membaca.
  8. Pergi ke perpus/toko buku bersama (bila memungkinkan)
  9. Berikan buku-buku yang menarik minatnya, sesuaikan dengan usianya. Komik tidak selalu buruk untuk dibaca. Singkirkan anggapan "Komik membuat anak bodoh".
  10. Letakkan buku, koran, majalah di sekitar rumah.
  11. Bila bosan membaca dalam bentuk "buku", Mommy dapat menggunakan aplikasi pada gawai ya. Tapi jangan sering-sering (kecuali buku fisik sudah tidak diproduksi lagi)
  12. Jangan serius-serius, jadikan waktu membaca jadi suasana yang rilek.
Selamat mencoba tipsnya <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar